About

Pages

Rabu, 04 Juli 2012

Bersama Muskerwil Forum Lingkar Pena Jawa Tengah 2012





Di akhir bulan Juni tepatnya hari sabtu 30 Juni 2012. Aku bersama mba Elis ketua FLP Purwokerto terpilih dan ukh Eni, berangkat menuju Semarang. Bagi ku ini yang ke empat kalinya aku pergi ke Semarang. Yang pertama dulu ketika DM2, yang kedua pas Tekad 3 insani Undip yang keiga pas ikut OSN pertamina di Undip dan ini yang ke empat.  Bersama armada Nusantara kami berangkat tepat pukl 8 pagi. Aku tak banyak tahu tentang agenda yang akan di ikuti disana.  Di kursi no 33 aku duduk dan menikmati perjalanan, tepat bersama ku duduk di sebelah seorang lelaki yang usianya  leih dewasa dariku. Aku tak menanyakan siapa namanya namun kami banyak mengobrol. Awalnya ku tanya lelaki itu mengaku kalau ia seorang pengamen. Jadi aneh masa ada seorang pengamen tapi naik bus yang eksekutif. Ternyata setelah banyak berbicara dia seorang anak band. Biasa mangung di Jakarta. Dan tahu banyak tentang daerah Jakarta. Ia bercerita juga tentang ayahnya yang mungkin bisa di bilang gila kerja. Ayahnya kerja sampai ke luar pulau. Dulu ia seorang mahasiswa namun karena saking asyiknya main ia tak meneruskan kuliahnya. Ia pergi ke semarang walau harus turun terlebih dahulu di daerah Ambarawa. Ia mengajak ku untuk ikut nonton konsernya malam ini. Katanya ia main jam tujuh dan Endang soekamti main Jam delapan. Oh iya ternyata di Semarang sedang ada Semarang Fair hajat besar hari jadi Semarang.
Bus hanya berhenti untuk istirahat di daerah Gayatri dan aku pun turun sejenak untuk menyempatkan kekamar kecil. Sekitar jam setengah tiga kami sampai di terminal Terboyo yang sebelumnya di antarkan mobil minibus. Setelah itu kembali mencari angkutan menuju tempat tujuan. Kami naik mini bus menuju daerah mijen. Semarang cukup panas hingga kunikmati saja berbagai suasana yang ada di angkutan itu. SD IT cahaya bangsa, di situlah acara di laksanakan. Aku langsung Shalat Ashar sekaligus Jamak Dzuhur. Tak lama pasca itu acara di mulai dan agenda di awal ramah tamah dan taaruf. Di sini aku berkenalan dengan salah satu peserta dari cabang Semarang, namanya Asep, dia mahasiswa IAIN semarang. Asep berasal dari daerah Tangerang yang sebenarnya tak begitu jauh dengan alamat rumahku hanya berbeda satu kecamatan. Rumahnya di daerah kecamatan Curug dan rumahku di derah Parungpanjang, walau memang suda berbeda kaupaten dan propisnsi.  Beberapa perwakilan pengurus cabang menyampaikan perkenalan sekaligus bercerita tentang kondisi di masing-masing cabang. Malam hari di lanjut agenda pelantikan pengurus wilayah dan agenda musyawarah kerja. Beberapa program disampaikan untuk menjadikan FLP Jawa Tengah lebih baik lagi. Ada yang menarik yang di sampaikan perwakilan dari pengurus pusat. Inti yang di sampaikan bahwa di FLP selain foru para penulis bahwa FLP punya misi dakwah dan itu harus menjadi ruh perjuangan jihad bil qolam. Sekitar jam sepuluh malam kami beranjak tidur, sampai di bangunkanlah kami sekitar pukul setengah tiga untuk berjamah shalat malam. Sambil menunggu shalat Subuh ada simulasi menulis, setiap peserta di berikan satulembar kertas hvs untuk di tulisi apa saja dan di lanjut dengan muhasabah sampai tiba waktu subuh.
Pagi hari peserta jalan-jalan ringan menikmati suasana pagi. Peserta ikhwan berangkat menuju daerah lapang yang sedang dipersiapkan untuk di bangun perumahan.ada kawasan permahan yag cukup besar di sana, namanya BSB yang mengingatkan aku dengan BSD yang ada di Serpong. Agenda pun di lanjut dengan sarapan dan MCK. Setelah semuanya siap maka acara selanjutnya adalah seminarbertemakan kembali memompa semangat menulis. Seminar di sampaikan oleh para petua FLP yang pengalamannya menulis sudah tidak di ragukan lagi. Aku mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan alhamdulillah di akhir mendapatkan doorprize berupa buku antologi cerpen yang berjudul “sekolah kolong langit. Antologi hasil buah karya teman-teman FLP Semarang. Banyak Inspirasi yang di dapat. Sekian lama aku mencari komunitas penulis dan hari ini aku menemukannya bahkan langsung di berikan kepercayaan untuk jadi pengurus di cabang Purwokerto. Kadang malu juga karena semenjaka aku gabung di FLP sekitar tahun 2010 hanya sekitar empat kali saja aku mengikuti acara pertemuan di FLP. Mudah-mudahan aku bisa mengoptimalkannya.
Semarang. 31 Juni – 1 Juli 2012
Eru Zain

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More