About

Pages

Rabu, 19 September 2012

Behind The Scene, Ketika Tulisanku Pertama Kali Di Muat Di Koran


oleh Aaerutea Eru Zain pada 20 September 2012 pukul 0:07 ·



Bismillah...
Hanya ingin meluapkan saja rasa kesyukuran kepada Allah SWT.  Alhamdulillah mendapatkan sebuah kebahagiaan yang mungkin perasaan ini pernah dirasakan oleh hamba-hamba Allah yang telah lebih dulu di perkenankan oleh Nya. Jika seseorang pengusaha yang sukses dengan perusahaannya ia bersyukur dengan cara berbagi mengeluarkan sebagian hartanya untuk di bersihkan atau di shadaqahkan maka menurutku seorang penulis bersyukur dengan cara berbagi inspirasi kepada yang lain dengan terus menulis. Oleh karena itu tulisan ini aku buat untuk mengungkapkan rasa syukur itu. OK, ini tentang cerita ketika pertama kali tulisanku tembus di koran. Berawal dari rasa pengharapanku ketika aku dan kawan satu departemen di Kebijakan Publik KAMMI Daerah Purwokwerto. Waktu itu kami menggagas program lomba essai untuk para kader. Rencananya essai yang terkumpul akan di bukukan dan punya ruh gerakan di balik agenda tersebut.  Rencananya tema essainya itu mengenai gagasan kritis terhadap kinerja Pemerintahan Kabupaten Banyumas soalnya dalam waktu beberapa bulan lagi akan ada pesta demokrasi yaitu pilkada Banyumas. Harapannya kader terpicu untuk beramal ilamiy melalui tulisan.
Aku pikir jika essai-essai yang di rencanakan telah masuk media terlebih dahulu maka tentunya punya daya jual yang lebih ketika nanti dikumpulkan untuk di susun menjadi buku. Selain itu kami merencanakan pula beberapa tokoh publik akan kami minta pula untuk menyumbangkannya. Karena begitu minim partisipasi dari kader, akhirnya agenda ini kita padukan dengan agenda kaderisasi yaitu SCGD (Short Course Gerakan Daerah). Kegiatan berupa kunjungan ke tokoh yang ada di Banyumas dan syarat untuk mengikutinya adalah membuat tulisan essai dengan tema yang telah di maksud. Beberapa kader pun mengikuti agenda tersebut dan mereka yang mengikutinya mempunyai tugas menulis tersebut dan berhutang jika belum menunaikannya. Waktu SCGD pun berakhir namun ternyata kader sangat susah untuk bergegas menulis bahkan yang menunaikan tugas itu hanya beberapa saja tidak sampai penuh lima jariku untuk mewakili mereka. Ya sudahlah aku berinisiatif mengirimkan tulisanku yang awalnya sebagai tugas itu ke media. Aku memilih harian Satelit Post. Sebelumya ada rekanku wapres BEMU telah mengirimkan tulisan kesana dan berhasil di muat.  Bukan Koran yang besar memang namun terakhir aku mendapatkan isu kalau pendapatan satelit post telah melebihi pendapatan media sejenis yang lainnya yang ada di Banyumas. Tetapi entah akan di teruskan atau tidak proyek pengumpulan tulisan itu rasanya masih jauh sekali apalagi sampai untuk di cetak menjadi naskah buku.
Karena bingung awalnya menentukan judul, aku memberikan judul artikel itu dengan tajuk “Banyumas oh Banyumas”. Akupun memutar otak memikirkan judul yang layak untuk di muat di media. Maka aku pun mengganti tajuknya dengan judul “kemanakah kumandang visi misi kepemimpinan Banyumas”.    Aku pun melakukan edit sedikit karena yang kutahu karakter tulisan yang akan di kirim ke satelit post itu di batasi jumlah karakternya. Dari empat halaman essai tereduksilah menjadi dua halaman saja. Dan pagi itu hari Selasa tanggal 18 September 2012 aku resmi mengklik ikon “send” di akun gmailku melayangkan email ke redaksi. Waktu itu tak punya harapan banyak. Dan tepat esok harinya Rabu, 19 September 2012 sekitar jam delapan pagi ada kawanku akh Muharam yang sms “Tulisan Eru Zain masuk satelit post”. Kemudian beliau sms lagi “akh tulisan antum tolong kirim ke emailnya pak Arif yah...”. Waktu itu aku baru bangun karena bakda shalat subuhnya aku lanjut tiduran di kasur sambil berdzikir. Sambil menguap dan mengucek mata aku bangun jam delapan lebih dan pada saat itulah aku terkejut membaca sms dari kawanku itu. Tersentaklah aku pada saat itu. Kaget, aneh, terkejut, sekaligus tersenyum puas dan merasa senang mendapat kabar itu. Pasalnya  baru satu hari tulisan itu langsung di muat. Dan anehnya dari yang aku tahu kalau tulisan kita dimuat di media maka media tersebut memberitahukan, tapi nyatanya aku tak mendapati kabar dari media tersebut. Padahal aku sudah menyertakan nomor Hpku bersama di dalam kiriman tulisan pada saat itu. Aku pun bergegas ingin melihat tulisanku yang di muat itu. Maka aku pergi ke tempat dimana biasa koran itu di jajakan. Dan aku pun tersenyum melihat foto narsisku nampang di pojok tulisan. Dan ternyata judul tulisanku ada yang di buang oleh editor dari yang bertajuk “kemanakah kumandang visi misi kepemimpinan Banyumas?” dan yang di muat berjudul “kemanakah  visi misi kepemimpinan Banyumas?”,kata “kumandang” dihapus oleh editor. Tak apa mungkin dianggap rancu. Yang penting narsis. Hehe maklum orang Bogor yang punya slogan “biar tekor yang penting kasohor” katanya. Tapi aku berlindung kepada Allah dari sifat ingin kasohor/ingin di pandang.
Aku pun bergegas mengirimkan forwad email ke pak Arif. Oh iya mungkin kawanku akh Muharam yang mengabarkan tuliasan itu ke pak Arif. Yang katanya ingin membaca tulisanku.  Lalu siapakah pak Arif itu ? Beliau adalah salah satu tokoh di Wilayah Jawa Tengah tepatnya beliau salah satu orang yang berkecimpung di salah satu partai politik. Dan merupakan salah satu tokoh yang aku bertandang kerumah beliau ketika agenda SCGD.   Semakin menyungginglah senyumku. Dan tak lupa aku memuji rabbku. Segala puji bagi Allah swt dzat yang telah berfirman Alquran Surat Al Qalam. Terimakasih yang telah menginspirasiku untuk mencoba mengirimkan tulisan ke koran. Akh Jusman Dalle yang tulisannya telah banyak yang di muat di koran, Akh Khoirun Wapres BEMU yang pernah menyuruhku menulis dan mengirimnya kemedia, mas Bramma Aji Putra dengan tuntunan dalam bukunya “Menembus Koran Edisi II”, mas Muharam juga yang ngasih kabar via smsnya mungkin kalau gak di sms mungkin saya gak bakal tahu. Buat redaktur Satelit post bilang makasih ngga yah ? tik tok tik tok... mikir dulu,,, eh iya deh bilang makasih aja. Hehehe.

Salam Pena ....
Eru Zain

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More